Usaha Jualan Es Cendol Supaya Lebih Memikat. Siapa
yang tidakkenal es cendol , ini adalah minuman khas indonesia yang
cukup merakyat . Saking merakyatnya es cendol kemasannya dari dulu sampe
sekarang penyajian dan kemasannya sama. Dulu, kita banyak menjumpai
orang jualan es cendol dengan sepeda ataupun di panggul . Kita bisa beli
dipinggir2 jalan dan tempat minum es cendol biasanya gelas atau
mangkok . Sesuai perkembangan jaman dan supaya kelihatan lebih modern es
cendol pun bisa di bawa lebih modern dengan mengubah kemasan dan cara
penyajiannya.
Usaha Jualan Es Cendol dengan tampilan lebih modern dengan bentuk stand dan
wadahnya pun bukan lagi plastik bening namun sudah dengan cup tak kalah
dengan tampilan minuman yang sedang tren saat ini. Nampaknya minuman
rakyat yang satu ini ingin dinaikkan derajatnya. Sebagaimana yang kini
dilakukan oleh PT Cocomas Indonesia yang menciptakan sebuah produk
pengganti santan untuk kuah es cendol dengan jus kelapa. Dinamakan
demikian sebab produk tersebut terdiri dari campuran santan, gula merah
plus rasa tambahan dalam satu bungkus.
Terciptanya varian olahan turunan kelapa dalam Usaha Jualan Es Cendol ini membutuhkan sistem
pemasaran yang tepat. Dalam arti jika dijual massal ke pasar-pasar
dalam bentuk kemasan tetra pak saja belum tentu. Lantas apa bedanya
dengan es cendol biasa yang harganya jauh lebih murah. Dengan sedikit
diakali merubah tampilannya dan menjualnya dalam bentuk sudah siap
santap ditambah adanya varian rasa durian, cocopandan dan natural tak
pelak es cendol seharga Rp2000 bisa terjual Rp5000.
Terlebih lagi keinginan PT.Cocomas yang ingin menciptakan lapangan
kerja baru maka tercetuslah ide untuk memberi kesempatan bagi masyarakat
untuk berwirausaha. “Kami memasarkan produk jus kelapa ini dengan cara
Business Opportunity (BO), jadi tak hanya produknya yang laku terjual
namun terbukalah peluang usaha bagi masyarakat,” ujar Sapto Sri Asmoro
selaku Retail Business Manager PT. Cocomas Indonesia.
Memang sejak peluncurannya di sebuah pameran franchise Usaha Jualan Es Cendol bulan Juni
silam, BO yang diberi nama Ice Cendol Idol ini langsung menarik
perhatian pengunjung pameran. Tak tanggung-tanggung 300 peminat tertarik
untuk bergabung. Namun tak semua langsung diproses, sebab PT. Cocomas
sebagai franchisor juga menetapkan kriteria standar. Mayoritas
peminat adalah mereka yang ingin memiliki usaha sampingan. Dikatakan
sampingan sebab usaha sebagai pengusaha cendol tak membutuhkan keahlian
khusus dan investasi yang besar.
Begitu tingginya jumlah peminat Usaha Jualan Es Cendol , cukup mengusik rasa penasaran,
lantas apa yang menjadi daya tarik BO Ice Cendol Idol ini. Dikatakan
Sapto, peluang usaha ini begitu menggiurkan. Bayangkan saja dengan
investasi yang tak terlalu besar mitra sudah bisa kembali modal dalam
waktu satu bulan saja. “BEP bisa satu bulan jika mitra serius
menanganinya dengan ketentuan mitra menjalani sesuai prosedur (berhasil
menjual minimal 50 cup per hari, red),” kata alumnus STIE Kosgoro Jember
ini. Namun rata-rata mitra bisa kembali modal tak lebih dari tiga
bulan.
Investasi kecil adalah faktor selanjutnya yang justru menjadi daya
tarik utama. Cukup dengan uang sejumlah Rp2.500.000 sebagai dana
investasi untuk masa kerjasama selama setahun. Tanpa dikenakan
perpanjang kontrak mitra tak perlu repot dengan urusan biaya yang
memberatkan. Ditambah lagi royalty fee hanya satu persen itupun
bukan dari total omzet per bulan yang didapat mitra melainkan satu
persen dari jumlah bahan baku (hanya jus kelapa,red) yang dibeli mitra
secara rutin. “Royalty fee ditarik pada tahun kedua kerja sama, jika perpanjang kontrak maka tahun kedua royalty fee diberlakukan namun kami akan mengembalikan dalam bentuk reward kepada
mitra. Jadi sebenarnya mitra tidak dikenakan biaya macam-macam,”
tambahnya. Bahkan mitra bisa menangguk semua omzet yang didapat sekitar
Rp7.500.000 per bulan (hanya dari penjualan es cendol)
Memang kemudahanlah yang diprioritaskan untuk itu dengan mengusung
misi menciptakan entrepreneur yang mandiri PT. Cocomas belum mengarahkan
sistemnya ke waralaba murni yang aturannya jauh lebih ketat. Saat ini
PT. Cocomas masih menjalani sistem BO agar mitra bisa berkreasi dan
berkembang lebih cepat. Diutarakan oleh Sapto mungkin kedepannya akan
diarahkan untuk menjadi waralaba, namun untuk saat ini masih dengan
sistem BO yang aturan mainnya jauh lebih fleksibel memungkinkan mitra
bisa leluasa berinovasi dengan produk yang sudah ada. “Walaupun polanya
mirip waralaba, kami tidak menerapkan aturan yang terlalu mengikat,”
tegas Sapto.
Inilah
poin lain yang menjadi daya tarik BO Ice Cendol Idol. Selain mitra
tidak dibebani biaya yang terlalu besar namun bisa meraup untung
bergunung-gunung, mitra juga bisa berkreasi dengan bahan bakunya. Jika
pada sistem franchise mitra diwajibkan menjual produk standar dari franchisor,
tidak demikian dengan sistem BO Ice Cendol idol. Mitra bisa memberikan
tambahan toping pada racikan es cendolnya. “Untuk presentasi es cendol
tak mengikat sebatas cendol beserta kuahnya (jus kelapa, red), jika
mitra punya kreasi lain misalnya ingin menambahkan kacang merah atau
nata de coco, silakan saja kami tidak mengunci resep racikan Ice Cendol
Idol,” ungkap pria kelahiran 39 tahun silam. Dengan harga jual yang
ditetapkan franchisor sebesar Rp5000 per cup, mitra masih bisa menaikkan
harga jual sampai Rp6000 jika mitra berkreasi dengan racikan es cendol
seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Kian banyaknya mitra Usaha Jualan Es Cendol yang tersebar diseluruh Indonesia yang mencapai
300 stand tidak memungkinkan bagi PT. Cocomas menangani distribusi bahan
baku seutuhnya. Untuk itu diterapkan sistem subdistribution
yang merupakan kepanjangan tangan dari PT.Cocomas. Sapto menyebutnya
master, dimana setiap master mewakili satu provinsi yang membawahi
minimal 25 mitra. Selanjutnya master-master inilah yang terjun langsung
mengatur jadwal distribusi bahan baku ke masing-masing stand. Normalnya
mitra akan mengorder bahan baku kepada master sepekan sekali. Dengan
sistem ini Sapto yakin jika BO Ice Cendol Idol tumbuh pesat hingga
menghasilkan sampai ribuan mitra pun PT. Cocomas tak perlu kewalahan
soal distribusi. Master-master tersebut tak hanya mengurusi distribusi
bahan baku namun juga mewakili PT. Cocomas dalam hal perekrutan calon
mitra.
Hingga saat ini PT.Cocomas sudah memiliki delapan master yang berada
di Medan, Padang, Pekanbaru, Riau, Banjarmasin, Makasar, Bandung dan
Jakarta. Menyusul kemudian empat master lagi di Palembang, Jambi,
Bengkulu dan Lampung yang akan beroperasi dalam waktu dekat.
Longgarnya aturan yang diterapkan membuat BO Ice Cendol Idol banyak
diincar pebisnis pemula, sebab resiko gagal cenderung minim. Terlebih
lagi fasilitas yang diberikan cukup membantu mitra diawal-awal penjualan
untuk mengatrol omzet. Kini siapapun tak lagi merasa gengsi berdagang
minuman tradisional tersebut, dengan presentasi demikian modern disertai
investasi yang cukup ekonomis siapapun bisa menjadi juragan cendol.
Untuk Informasi Kerjasama Usaha Jualan Es Cendol
Perwakilan Ice Cendol Idol sudah ada di Pekanbaru, Padang , Medan,
Banjarmasin , Makasar, Manado, Jakarta , Bandung , Bogor , Tangerang dan
beberapa kota lainnya di Indonesia :
1. Jakarta Barat, Bpk Alfian Tlp 08121003140
2. Jakarta Pusat, Belum ada
3. Jakarta Selatan, Bpk Priyadi Tlp 021 70090272
4. Jakarta Utara, belum ada
5. Jakarta Timur, Bpk Adji Tlp 08129955040
6. Depok, Bpk. Deddy Rustandy tlp 081314396959
7. Tangerang, Bpk Priyadi Tlp 021 70090272
8. Bekasi, Bp Taufik 0818823006
9. Bogor, Bpk Yoyok tlp 081315420724
10. Bandung, Ibu Ati 02276997139
11. Pekan Baru, Bpk Hery tlp 08127553553
12. Payakumbuh SumBar, Bpk Yudi tlp 0752-7011328
13. Padang, Bp Basyit 081374704218
14. Medan, Ibu Allen/Bp Aldo 081973180089/081933200322
15. Palembang, Bp. Karmadi, Hp 0811715902
16. Lampung, Bp. Meddy tlp 08117207166
17. Jambi, Bp Jon Tomy tlp 08127825610
18. Banjarmasin, Bpk Yanto tlp 0811 5000552/087814444477
19. Surabaya, Bpk. Yoseph 081932106000
20. Batam, Bpk Suwito 08127025463
21. Makasar, Bpk Pedro Goenawan Hp 0815 2552211
22. Manado, Ibu Debby Hp 0812 4441155
sumber :
http://www.majalahpengusaha.com/content/view/1263/33/
Saturday, 27 October 2012
Usaha Jualan Es Cendol Supaya Lebih Memikat
16:00
bisnis es cendol, bisnis tradisional, ES cendol Idol, kemasan es cendol, Usaha Jualan Es Cendol
1 comment
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
,KISAH NYATA ,
ReplyDeleteAslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa,
mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya,
akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya,
Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI WONGSO hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya,
saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI WONGSO di No +62852-9958-5055.
Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih KI WONGSO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT,
YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI WONGSO DI +62852-9958-5055. (TANPA TUMBAL/AMAN).